Kamis, 21 Oktober 2010

ILMU SOSIAL DASAR (ISD) SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UTAMA (MKDU)


Pendidikan umum yang diselenggarakan oleh universitas dan institut dikenal dengan mata kuliah dasar umum atau MKDU yang terdiri dari beberapa mata kuliah, yaitu :
1.     Agama
2.     Pancasila
3.     Kewiraan
4.     Ilmu alamiah dasar
5.     Ilmu sosial dasar
6.     Ilmu budaya dasar


Ilmu sosial dasar adalah salah satu mata kuliah dasar umum yang merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan diberikannya mata kuliah ini adalah semata-mata sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.

PENGERTIAN, TUJUAN, ISD DAN IPS
  PENGERTIAN ISD
Pengetahuan yg menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah

Suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

Suatu bahan studi atau program pekerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan atau pengerjaan yang di Indonesia diberikan di perguruan tinggi.

Gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.

TUJUAN ISD
a)     Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang lebih luas.
b)    Memahami dan menyadari kenyataan-kenyataan sosial dan masalah yang ada didalam masyarakat.
c)     Peka terhadap masalah sosial dan tanggap untuk ikutserta dalam usaha menanggulanginya.
d)    Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.


TIGA KELOMPOK ILMU PENGETAHUAN
1.     Ilmu-ilmu alamiah ( natural sciences )
- Tujuan       : mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
- Metode     : ilmiah.
- Meliputi     : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi, dll.

2.     Ilmu-ilmu sosial ( social sciences )
- Tujuan       : mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara  
                     manusia.
- Metode     : ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
- Meliputi     : Sosiologi, Ekonomi, Politik antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dll.

3.     Pengetahuan budaya ( the humanities )
- Tujuan       : memahami dan mencari arti kenyataan yang bersifat manusiawi.
- Metode     : pengungkapan peristiwa dan kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
- Meliputi     : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dll.


ISD DAN IPS

PERBEDAAN ANTARA ISD DAN IPS
a)     Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
b)    Ilmu sosial dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c)     Ilmu sosial dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan pada pembentukkan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
    
PERSAMAAN ANTARA ISD DAN IPS
a)     Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran.
b)    Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c)     Keduanya mempunyai materi-materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

GOLONGAN BAHAN PELAJARAN ISD
1.     Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.     Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.

ISD meliputi dua kelompok utama : studi manusia dan masyarakat, dan studi lembaga-lembaga sosial.     Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.

RUANG LINGKUP
            Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1.     Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.     Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3.     Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

0 komentar:

Posting Komentar